20 Jan 2012

Double Jeopardy


Salah satu film yang memperlihatkan kekuatan  seorang perempuan adalah film Double Jeopardy.  Film lawas yang dibintangi artis Ashley Judd ini,  sekalipun tidak di-isi dengan kehebatan aksi (seperti layaknya tokoh Xena) atau keseksian yang mematikan (seorang agen bernama Elektra). Kecerdasan seorang perempuan yang dikhianati laki-laki dimainkan dengan sangat baik oleh artis ber-bibir sexy  ini.

Bagian yang paling aku sukai adalah ketika dengan sadar dia muncul di pesta lelang sang suami, yang seolah-olah adalah pembeli rahasia. Tidak ada digambarkan dia ‘klepek-klepek’ dengan  mantan suami yang sekarang sudah jadi jutawan. Tidak ada pula scene dimana wanita ini kemudian terbuai oleh rayuan si mantan ini.  Tujuanya jelas dan tidak melebar, ingin meminta hak atas anaknya untuk dikembalikan dan sedikit penjelasan “why you do this to me??”…. setelah perjalanan rumah tangga yang selama ini tanpa masalah.

Aku tidak bermaksud membahas film ini secara menyeluruh, hanya mengagumi kegagahan sosok perempuan yang dihianati dan dibuang tanpa penjelasan apa-apa oleh sang suami. Sekembalinya dari penjara Libby (Ashley Judd) tidak menjadi mellow dengan nasibnya, tidak pula mengemis cintanya yang hilang.

Dia kembali dengan kepercayaan diri yang terbangun  sebagai orang yang ‘ditikam dari belakang’ untuk mengejar haknya yang (telah) dirampas dengan paksa oleh orang terdekatnya. Libby mengejar semua dalam ke-papah-nya sebagai seorang bekas narapidana dan ibu yang (nyaris) terlupakan. Dan dia tetap mengejarnya. 
I love this kind of woman's spirit, VIVA!!  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar